RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA NEGERI 2 SEKAYU
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
3.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas
B.
Kompetensi
Dasar :
3.3
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan
penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusiadan
hewan (misalnya ruminansia)
C. Indikator
1. Menyebutkan 5 (lima) macam
kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
D.
Tujuan
pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan 5 (lima) macam
kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
2. Siswa dapat mendeskripsikan
penyebab terjadinya 5 (lima) macam
kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
E.
Materi
pembelajaran
·
Macam-macam
kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
1. Diare
2. Simbelit/Konstipasi
3. Tukak
lambung/ Ulkus
4. Parositis/
Penyakit Gondong
5. Radang
Usus Buntu/ Appendiksitis
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
·
Model : Tebak kata
·
Metode : Ceramah, Tanya
jawab,
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
35 menit
1. Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
·
Salam, doa dan absensi
·
Mengecek kelas
bersih atau tidak.
·
Apersepsi :
“Anak-anak apa yang kalian rasakan apabila terlambat makan atau tidak
makan seharian”
·
Motivasi :
siapa yang bisa menyebutkan apa saja macam-macam
gangguan pencernaan?
Hari ini kita
akan belajar mengenai
kelainan/penyakit pada sistem pencernaan, setelah pembelajaran ini ibu harapkan
kalian dapat menyebutkan
5 macam
gangguan pada sistem pencernaan dan apa penyebabnya.
2. Kegiatan
Inti (20 menit)
·
Siswa
mendengarkan penjelasan materi pembelajaran-
·
Siswa
secara berpasangan maju
ke depan kelas
·
Seorang siswa diberi
kartu yang berisi pertanyaan tentang
penyakit pada sistem pencernaan berukuran 5x10 cm yang
nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berisi jawaban tentang penyakit pada sistem pencernaan
berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat)
kemudian ditempelkan di dahi.
3. Kegiatan
Penutup (10
menit)
·
Siswa di pandu
guru membuat kesimpulan
dari materi yang diajarkan
·
Siswa
mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
·
Siswa
diberi tugas untuk
membaca materi selanjutnya tentang
sistem pernapasan pada
manusia halaman 69.
·
Do’a
H.
Alat/Sumber
Pembelajaran
·
Alat/ Media
1. LCD
2. Slide
tentang gangguan sistem pencernaan
3. Kartu ukuran 5x10 dan 5x2
·
Sumber
Pembelajaran
Pratiwi, D.A, dkk.2006.BIOLOGI untuk SMA KelasXI. Jakarta:Erlangga
I.
Penilaian
1)
Teknik penilaian : Tertulis
2) Bentuk
penilaian : Esay
3) Soal
1. Sebutkan
5 macam gangguan pada sistem pencernaan!
2. Parotitis
adalah gangguan sistem pencernaan, apa penyebabnya?
3. Jelaskan
dan Gambarkan mekanisme terjadinya Diare?
4) Kunci
jawaban:
1. Diare,Sembelit/Konstipasi,
Tukak Lambung/Ulkus, Porositis/Penyakit Gondong, Radang usu Buntu/
Appendisitis.
2. Parositis/Penyakit
gondong yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air
ludah di bagian bawah telinga, akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak atau
membesar.
3. Apabila kim dari
perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan
feses yang mengandung banyak air.
5)
Bobot
Soal
|
Jumlahbobot
|
1. Sebutkan
5 macam gangguan pada sistem pencernaan!
|
30
|
2. Parotitis
adalah gangguan sistem pencernaan, apa penyebabnya?
|
30
|
3. Jelaskan
dan Gambarkan mekanisme terjadinya Diare?
|
40
|
Total
|
100
|
6)
Nilai Akhir
NA = jumlah bobot
--------------- x
100%
total
Sekayu, 3 Mei 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
KepalaSekolah
M.
AnantoWidi. N, M.Pd, M.Si Arisha Try Widowati, S.Pd
NIP: NIP :
NIP: NIP :
0 komentar :
Posting Komentar