Kamis, 06 Juni 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah              : SMA NEGERI 2 SEKAYU
Mata Pelajaran   : Biologi
Kelas/Semester   : XI/2
Alokasi Waktu   : 1 x 35 menit

     A.    Standar Kompetensi :
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Saling temas
  
      B.      Kompetensi Dasar  :
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusiadan hewan (misalnya ruminansia)
C.    Indikator
1.      Menyebutkan 5 (lima) macam kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
2.      Mendeskripsikan penyebab terjadinya 5 (lima) macam kelainan/penyakit pada sistem pencernaan

      D.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan 5 (lima) macam kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
2.      Siswa dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya 5 (lima) macam kelainan/penyakit pada sistem pencernaan

      E.     Materi pembelajaran
·         Macam-macam kelainan/penyakit pada sistem pencernaan
1.      Diare
2.      Simbelit/Konstipasi
3.      Tukak lambung/ Ulkus
4.      Parositis/ Penyakit Gondong
5.      Radang Usus Buntu/ Appendiksitis
     F.     Model dan Metode Pembelajaran
·         Model              : Tebak kata
·         Metode            : Ceramah, Tanya jawab,
     G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 35 menit
1.      Kegiatan Pendahuluan  (5 menit)
·         Salam, doa dan absensi
·         Mengecek kelas bersih atau tidak.
·         Apersepsi        : “Anak-anak apa yang kalian rasakan apabila terlambat makan atau tidak makan seharian”
·         Motivasi          : siapa yang bisa menyebutkan apa saja macam-macam gangguan  pencernaan? Hari ini kita akan belajar mengenai kelainan/penyakit pada sistem pencernaan, setelah pembelajaran ini ibu harapkan kalian dapat menyebutkan 5 macam gangguan pada sistem pencernaan dan apa penyebabnya.
2.      Kegiatan Inti (20 menit)
·         Siswa mendengarkan penjelasan materi pembelajaran-
·         Siswa secara berpasangan maju ke depan kelas
·         Seorang siswa diberi kartu yang berisi pertanyaan tentang penyakit pada sistem pencernaan berukuran 5x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berisi jawaban tentang penyakit pada sistem pencernaan berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi.
3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Siswa di pandu guru membuat kesimpulan dari materi yang diajarkan
·         Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
·         Siswa diberi tugas untuk membaca materi selanjutnya tentang sistem pernapasan pada manusia halaman 69.
·         Do’a

      H.    Alat/Sumber Pembelajaran
·         Alat/ Media
1.      LCD
2.      Slide tentang gangguan sistem pencernaan
3.      Kartu ukuran 5x10 dan 5x2
·         Sumber Pembelajaran
Pratiwi, D.A, dkk.2006.BIOLOGI untuk SMA KelasXI.   Jakarta:Erlangga

     I.       Penilaian
1)      Teknik penilaian : Tertulis
2)      Bentuk penilaian : Esay
3)      Soal
     1.      Sebutkan 5 macam gangguan pada sistem pencernaan!
     2.      Parotitis adalah gangguan sistem pencernaan, apa penyebabnya?
     3.      Jelaskan dan Gambarkan mekanisme terjadinya Diare?

4)      Kunci jawaban:
   1. Diare,Sembelit/Konstipasi, Tukak Lambung/Ulkus, Porositis/Penyakit Gondong, Radang usu Buntu/ Appendisitis.
     2. Parositis/Penyakit gondong yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air ludah  di bagian bawah telinga, akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak atau membesar.
     3.  Apabila kim dari perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan feses yang mengandung banyak air.

5)      Bobot
Soal
Jumlahbobot
1.   Sebutkan 5 macam gangguan pada sistem pencernaan!
30
2. Parotitis adalah gangguan sistem pencernaan, apa penyebabnya?
30
3.  Jelaskan dan Gambarkan mekanisme terjadinya Diare?
40
Total
100

6)      Nilai Akhir
NA = jumlah bobot
         --------------- x 100%
         total

                                                     Sekayu, 3 Mei  2013
Mengetahui                                                           Guru Mata Pelajaran
KepalaSekolah                                                                       


M. AnantoWidi. N, M.Pd, M.Si                          Arisha Try Widowati, S.Pd
NIP:                                                                        NIP :        

0 komentar :

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates